Resep Cara Membuat Sate Kambing Cirebon

Resep Cara Membuat Sate Kambing Cirebon - Cirebon merupakan salah satu kota di Indonesia yang terletak di perbatasan Propinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Mendekati hari raya Idul Fitri, kota ini selalu menjadi sorotan mass media karena menjadi jalur utama bagi pemudik yang ingin pulang kampung ke daerah Jawa Tengah. Secara harafiah, kata cirebon berasal dari kata 'ci' dan 'rebon'. Ci dalam bahasa Sunda berarti sungai, sedangkan rebon yaitu udang kecil-kecil yang biasanya mudah didapat di sungai-sungai. Dahulu kala di sungai-sungai di sepanjang daerah ini rebon sangat mudah didapatkan, karena itu kota kecil ini diberi nama Cirebon. Namun ada juga yang berpendapat bahwa Cirebon berasal dari kata caruban, yang berarti campuran, dalam bahasa Sunda. Hal ini dikarenakan budaya Cirebon yang merupakan perpaduan dari kebudayaan Sunda, Jawa, Tionghoa dan unsur-unsur kebudayaan Arab.

Selain terkenal dengan kebudayaannya yang dipengaruhi oleh beberapa budaya dari daerah lain, Cirebon juga terkenal dengan keanekaragaman masakan khasnya. Tidak hanya makanan berat seperti empal gentong, nasi jamblang atau nasi lengko tapi Cirebon juga terkenal dengan kerupuk melarat, tahu gejrot dan teh poci. Di antara beberapa masakan khas Cirebon yang terkenal, ada kuliner khas Cirebon yang jarang diketahui orang yaitu Sate kambing Cirebon. Masakan yang satu ini memang belum sepopuler masakan-masakan khas Cirebon lainnya tapi sayang untuk tidak dicicipi. Untuk itu tidak ada salahnya kita coba membuat Sate kambing Cirebon untuk menambah kekayaan pengalaman kuliner kita.

Cara Membuat Sate Kambing Cirebon

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Sate kambing Cirebon adalah:

Bahan sate:
800 gram daging kambing dengan lemak (potong-potong sesuai selera)

Sambal Kacang:
  • 250 gram kacang tanah, disangrai
  • 15 buah cabe rawit
  • Kecap manis, air dan garam secukupnya

Acar:
  • 1 buah Mentimun besar, buang bijinya dan potong-potong + 4cm, belah ½ cm
  • 10 butir bawang merah, belah dua
  • Cuka encer secukupnya
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Resep cara memasak Sate kambing Cirebon:
  1. Cara membuat sambal kacang: haluskan kacang dan cabai rawit sampai halus benar kemudian campur dengan kecap dan air lalu aduk rata.
  2. Cara membuat acar: remas-remas mentimun dan bawang merah dengan garam layu, cuci bersih kemudian tiriskan. Campur mentimun dan bawang merah tersebut dengan cuka, garam dan gula pasir, aduk rata. Diamkan selama + 1 jam sebelum disajikan.
  3. Sementara menunggu acar, kita siapkan daging kambing untuk membuat Sate kambing Cirebon. Tusuk potongan daging kambing dengan tusuk sate.
  4. Panggang di atas bara api arang yang panas sekali. Tujuannya supaya daging cepat matang dan air daging tidak banyak keluar.  Setelah matang segera angkat dan taruh di atas pinggan atau wadah lainnya.
  5. Sajikan Sate kambing Cirebon dalam keadaan panas dilengkapi dengan sambal kacang dan acar.
Demikian resep cara membuat Sate Kambing Cirebon, selamat mencoba!

Artikel Terkait