Resep Cara Membuat Sayur Daun Pepaya

Tags

Resep Cara Membuat Sayur Daun Pepaya - Sayur pedas daun pepaya muda khas Manado yang enak dan mudah dalam membuatnya. Karena selain bumbu, campuran daging berlemak seperti lemak ayam atau daging sapi menjadikannya lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur daun pepaya khas Manado:
200 gram daging sapi sandung lamur (brisket)
5 - 6 lembar daun pepaya muda
100 gram daun melinjo
25 batang kangkung
3 batang daun bawang
5 sdm minyak goreng, untuk menumis
60 lembar daun kemangi

Bumbu halus sayur daun pepaya:
50 gram cabai rawit
10 butir bawang merah
3 cm jahe
2 sdt terasi
2 sdt garam

Resep Cara Membuat Sayur Daun Pepaya


Cara membuat sayur daun pepaya khas Manado


  1. Rebus daging dalam air secukupnya sampai daging empuk dan airnya mengering. Angkat kemudian iris daging dengan ukuran 1 x 1 x 2 cm
  2. Daun pepaya dibuang tulangnya dan di iris sekitar 3 cm. Seduh dengan air mendidih lalu tiriskan. Siangi daun melinjo. Iris kangkung 3 cm dan iris daun bawang dengan tipis sekitar ½ cm.
  3. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan potongan daging, aduk sebentar, masukkan daun pepaya, daun melinjo dan kangkung. Masak sampai bau langu nya hilang.
  4. Setelah seluruh bahan terlihat cukup matang, lanjutkan dengan memasukkan daun kemangi. Aduk sebentar sampai daun kemangi layu, angkat.
Salah satu ciri khas masakan Manado adalah sarat dengan bumbu daun aromatik. Oleh karenanya jika suka dapat menambahkan batang serai yang sudah di tumbuk, daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya dan daun pandan ke dalam masakan ini. Aroma dan cita rasanya pasti lebih menggugah selera !

Demikian resep cara membuat sayur daun pepaya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait